"Namo Jering" Air nya yang Bersih, Segar, dan Masih Alami


Rendy Ben Sinulaki|Kutambaru
 


Namo Jering, merupakan salah satu sungai yang paling sering dikunjungi masyarakat sekitar Desa Kutambaru untuk mandi – mandi layak nya pemandian sungai lain nya seperti pemandian sungai sembahe. Air nya yang bersih, segar, dan tergolong masih alami juga kerap dijadikan masyarakat sekitar untuk air minum dirumah karena belum tercemar sampah. 

Selain itu, di Namo jering juga sering dijadikan masyarakat sekitar untuk mandi pangir (Erpangir). Namo Jering terletak dipinggiran desa Kutambaru, tepatnya di jalan Kutambaru – Pernantin. Jadi Namo Jering tidak hanya dikunjungi oleh warga Kutambaru saja, tetapi dikunjungi juga oleh warga kampung sekitar, seperti Sarimunte, Tiga siempat, Sugihen, dan Desa Pernantin. 

Setiap Kerja tahun, Namo jering paling banyak dikunjungi oleh tamu - tamu (kade-kade) dari jauh untuk bersantai, bermain, dan mandi. Selain Namo jering, ada juga pemandian sungai lain nya yang ada di Kutambaru, yaitu Lau Julu dan Lau Belin. Dulu nya,Lau julu adalah primadona di Kutambaru, karena lau julu tidak pernah sepi oleh anak-anak SD dan SMP sepulang sekolah untuk berenang dan bermain-main. 

Tetapi kondisinya tidak seperti dulu lagi karena sudah rusak oleh penebangan Pohon pinus disekitar aliran sungai yang menyebabkan ranting-ranting pohon berjatuhan ke sungai. Mulih sekolah pinter laus ku lau julu, erlangi-langi ras teman-teman, engkawil, nuci uis, njamah ras sideban na. dan lau julu sekarang tinggal kenangan. Seandainya saja ada yang peduli, Lau julu dan aliran sungai lain nya berpotensi besar dijadikan wisata pemandian alam.

Dibawah aliran Sungai Namo jering, sekitar 10 menit dari jalan raya, bisa kita temui Air Terjun Sibelangkem dengan ketinggian 5 – 8 meter. Jalan yang dilalui ke lokasi tersebut cukup ekstrim meski dekat dari jalan raya. Jalanan setapak, becek, dan semak akan sedikit membuat perjalanan menuju lokasi air terjun tersebut memberikan sedikit tantangan. 

Selain itu, kita harus menuruni jurang yang terjal dan licin, kita hanya bisa berpengangan ke akar-akar pohon yang ada disitu untuk bisa sampai di bawah. Setelah sampai dibawa baru bisa menikmati air terjun Sibelangkem yang masih alami seraya mengambil foto atau sekedar menikmati air nya yang segar. 

Di lokasi tersebut, kita juga bisa menemui satu lubang di dinding tebing berbentuk gua. Sampai sekarang belum ada keterangan jelas mengenai gua tersebut. Yang pasti bagi anda yang ingin berkunjung, berhati-hatilah, jaga kesopanan, jaga kebersihan, jaga diri saat berkunjung ke tempat tersebut.

Berikut foto-foto Sungai Namo Jering dan Air Terjun Sibelangkem



 



Comments

Popular Posts